[Tulisanku] The Power of Dream

Pada kesempatan kali ini aku mau menyampaikan sedikit pemikiranku tentang kekuatan sebuah mimpi yang terkadang menjadi suatu masalah yang klise di masyarakat. Akhir-akhir ini banyak orang yang mengatakan “Stop dreaming, start action” . Mereka menganggap bahwa mimpi hanyalah sebuah khayalan yang tak akan pernah menjadi suatu realita yang pasti. Namun, anggapan itu tidaklah benar. Mengapa? Karena pada dasarnya arti dari kata mimpi dan khayalan itu sendiri sangatlah berbeda.

Khayalan merupakan sesuatu yang tidak mungkin diraih, hanya sebuah pemikiran untuk diri sendiri tanpa pernah melakukan apapun untuk meraihnya. Sedangkan mimpi, bukan sekedar pemikiran untuk menyenangkan diri. Mimpi adalah sebuah tujuan yang kita tetapkan untuk masa depan. Bermimpi adalah bagaimana kita membangun tangga satu demi satu untuk mencapai cita-cita yang telah kita gantungkan setinggi langit.

Banyak sesuatu yang besar berawal dari sebuah kata bernama “mimpi”. Bahkan tak pelak pula segala sesuatu yang kita jalani saat ini juga tidak pernah lepas dari mimpi kita entah beberapa tahun yang lalu. Einstein pernah mengatakan : “Saya tidak bermimpi di malam hari. Saya bermimpi sepanjang hari. Dan saya memimpikan sebuah kehidupan. Ada dua cara untuk menjalani hidup, yaitu menjalaninya dengan keajaiban-keajaiban atau menjalaninya dengan biasa-biasa saja”.

Tak hanya Einstein, lihat juga Thomas Alfa Edison. Ia menemukan bola lampu dari mimpi besarnya untuk menerangi dunia. Lihat pula sejarah pesawat terbang yang juga berawal dari sebuah mimpi yang menjadi kenyataan. Ketika Wright bersaudara bermimpi untuk terbang, mereka membayangkan tubuh mereka melayang-layang di udara. Mereka belajar dengan tekun untuk memahami hukum-hukum fisika. Mereka terus bekerja sambil memelihara mimpi mereka untuk dapat terbang. Dan pada akhirnya, mimpi mereka telah menjadi nyata. Manusia kini telah benar-benar bisa terbang. Apakah saat itu mereka pernah putus asa? Tentu saja tidak. Mereka hanya berbekalkan pada keyakinan mimpi mereka yang disertai dengan kerja keras.

Dan pertanyaannya adalah mengapa kita harus bermimpi? Karena mimpi adalah sesuatu yang membuat kita terbangun dari lelapnya tidur hingga kita tersadarkan bahwa kita saat ini belum menjadi apa-apa dan bukan siapa-siapa. Hingga pada akhirnya kita memahami, memang seperti itulah hidup. Semua berawal dari mimpi. Kenyataan yang kita alami hari ini adalah mimpi yang kita miliki kemarin. Dan mimpi kita hari ini adalah kenyataan untuk hari esok.

Janji masa depan yang baik hanyalah milik mereka yang percaya dan berjuang untuk mimpinya. Tidak ada yang mustahil dalam hidup ini. kalaupun ada, itu hanya ada di dalam kamus para pecundang, bukan pemenang. Hanya ada dua jenis manusia di muka bumi ini. Pecundang dan pemenang. Pecundang adalah ia yang berhenti berjuang ketika ia terjatuh. Sedangkah pemenang adalah ia yang tak pernah berhenti dan terus berusaha bangkit saat ia terjatuh. Karena ia tahu, ketika ia berhenti dan menyerah, maka saat itu pulalah ia menjadi seorang pecundang. Pada pemenang adalah mereka yang terus berjuang dan pantang berbalik ke belakang.

Pada intinya, semua impian kita dapat menjadi nyata jika kita memiliki keberanian untuk mengejarnya. Setiap orang yang mencatatkan namanya dengan tinta emas adalah mereka yang memiliki mimpi yang besar dan tak pernah sedikitpun berhenti untuk mengejar mimpi itu. untuk itu, mari kita bermimpi untuk masa depan yang cerah. Mari bermimpi untuk orang-orang yang kita cintai. Dan mari bermimpi untuk mengubah dunia ini menjadi lebih baik. Selamat berjuang para calon pemuda pemudi terbaik bangsa. Sambutlah panggilan masa depan dengan kerja kerasmu, maka kesuksesanpun akan menyambutmu. Hilangkanlah pesimisme dalam diri kita karena ia hanya akan menjadi tabir yang menghijab kita dengan kesuksesan. Janganlah takut akan kegagalan karena ia bisa menjadi pelajaran untuk sukses yang lebih besar. Pandanglah setiap fenomena hidup dengan optimisme dan percaya diri.

Kita tak akan pernah tahu apakah mimpi dan cita-cita kita dapat terwujud atau tidak jika kita tak pernah mau untuk mencoba meraihnya. Jika kau masih takut untuk bermimpi, cobalah tutup matamu. Bayangkan apa keinginan dan cita-citamu. Dan di saat kau membuka mata kau akan melihat mimpimu menjadi kenyataan. Jangan pernah takut untuk terbang meraih mimpi. Teruslah terbang mengejar mimpi-mimpimu itu. meskipun suatu saat nanti kau terjatuh, kau masih terduduk di antara bintang-bintang. Percayalah pada kekuatan mimpimu, terus berusaha dan kembali bangkit untuk meraihnya. Jangan kau pedulikan mereka yang akan mematahkan sayapmu. Teruslah terbang…terbang…dan terbang… hingga pada akhirnya your dreams come true.

“Untuk mencapai kesuksesan, kita jangan hanya bertindak tapi juga perlu bermimpi. Jangan hanya berencana, tapi juga perlu untuk percaya. To accomplish great things, we must not only act but also dream. Not only plan, but also believe.” – Anatole France

“Semua impian kita dapat menjadi nyata, jika kita memiliki keberanian untuk mengejarnya. All our dreams can come true, if we have the courage to pursue them.” – Walt Disney

“Bermimpilah seperti kau akan hidup selamanya, jalani hidup seperti kau akan meninggalkan hari ini. Dreams as if you’ll live forever, live as if you’ll die today.” – James Dean

eccaeka

 

Comment Like Oxygen ^.^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s