[Healthy] Pola Hidup yang Mempengaruhi Terjadinya Sakit Jantung

Pola Hidup yang Memengaruhi Terjadinya Penyakit Jantung

Pola hidup yang memengaruhi terjadinya penyakit jantung, antara lain:

1.     Perokok

Seorang perokok beresiko menderita penyakit jantung sampai 4 kali lipat dibandingkan dengan bukan perokok.

2.     Kadar Kolesterol

Kadar Kolesterol yang tinggi meningkatkan risiko timbulnya penyakit jantung koroner.

3.     Tekanan Darah Tinggi

Pada tekanan darah tinggi, beban jantung lebih berat sehingga otot dinding jantung menebal dan kondisi ini meningkatkan risiko terjadi stroke, serangan jantung koroner, gagal ginjal, dan bendungan pada jantung.

4.     Kurang Aktivitas Fisik

Kurang melakukan aktivitas fisik meningkatkan risiko terjadi penyakit jantung koroner. Maka dari itu dengan melakukan latihan fisik secara teratur dapat mencegah terjadinya penyakit jantung koroner dan penyakit pembuluh darah lainnya.

5.     Obesitas (Kegemukan)

Seorang yang terlalu gemuk (dapat dilihat dari lingkaran pergelangan tangan), kelihatannya lebih berisiko menderita penyakit jantung dan stroke meskipun mungkin tidak ada faktor risiko lain. Pada orang gemuk, beban jantung lebih berat sehingga meningkatkan tekanan darah dan kadar kolesterol darah, kadar asam lemak HDL (kolesterol yang baik) juga rendah, dan trigeliserida tinggi. Banyak orang obesitas mengalami kesulitan menurunkan berat badan. Padahal sesungguhnya dengan menurunkan berat badan 5 kilogram saja sudah jelas menurunkan kejadian timbulnya penyakit jantung.

6.     Diabetes Mellitus

Penyakit Diabetes Mellitus meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung. Apalagi jika gula darah kurang pengawasan akan meningkatkan kejadian penyakit jantung koroner dan stroke. Hampir ¼ penderita Diabetes Mellitus meninggal dunia akibat penyakit jantung dan pembuluh darah. Dengan demikian, penderita Diabetes Mellitus harus rajin konsultasi dengan dokter ahli jantung untuk mengendalikan kemungkinan yang mungkin terjadi.

Normalnya, rasio total kolesterol dengan kolesterol HDL berada pada < 4 pada laki-laki maupun perempuan. Malah lebih baik apabila perbandingannya 3,5 dan lebih baik lagi apabila berada pada 3 serta sangat fantastik apabila berada pada 2,6. Apabila bisa menurunkan sampai 2,4 atau 2,8, angka yang dipakai dalam mencegah kejadian penyakit jantung koroner. Angka rasio 2,5 bisa merupakan angka petunjuk dalam mencegah penyakit jantung dan stroke.

Source : Buku “Cara Ampuh Mengontrol Kolesterol”

Comment Like Oxygen ^.^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s