[Tulisanku] Motivation

Motivation

Semua orang pasti menginginkan dirinya menjadi sukses. Tentunya untuk itu diperlukan beberapa hal untuk mencapai kesuksesan tersebut. Salah satunya adalah motivasi. Diperlukan motivasi yang kuat untuk mengatasi tantangan untuk mencapai apa yang diinginkan.

Sebenarnya apa motivasi itu? Mengapa motivasi sangat berperan penting untuk mencapai kesuksesan? Motivasi itu sendiri adalah dorongan psikologis yang mengarahkan seseorang ke arah suatu tujuan. Motivasi merupakan kekuatan yang dapat meningkatkan antusiasme seorang individu untuk terus menerus meningkat dan berkembang ke arah yang lebih baik.

Motivasi itu sendiri bisa berasal dari luar maupun dalam sang individu, tetapi akan lebih baik jika motivasi itu ditumbuhkan dalam diri sendiri. Boleh saja orang lain selalu memberi motivasi, arahan dan dorongan kepada kita. Tetapi bila dalam diri kita tidak ada self support, maka sulit bagi kita untuk berkembang, maju dan dinamis. Karena yang menentukan keberhasilan kita adalah diri kita sendiri, bukan orang lain. Sementara orang lain hanyalah wasilah untuk berhasil, kitalah yang mampu mewujudkan impian dan cita-cita itu.

Motivasi saya sendiri berpijak pada impian dan cita-cita saya. Berawal dari mimpi besar saya untuk menjadi seorang ahli geologi ataupun seorang ahli geodesi, membuat saya termotivasi untuk berusaha dan mendapat prestasi yang lebih baik. Karena bagi saya mimpi adalah sebuah tujuan yang sudah ditetapkan untuk masa depan. Bagaimana saya membangun tangga satu demi satu untuk mencapai cita-cita yang telah saya gantungkan setinggi langit. Banyak sesuatu yang besar yang berawal dari sebuah kata bernama mimpi. Bahkan tak pelak pula segala sesuatu yang saya jalani saat ini juga tidak pernah lepas dari mimpi saya entah beberapa tahun yang lalu.

Mengapa saya menjadikan mimpi sebagai motivasi saya? Alasannya karena mimpi adalah sesuatu yang membuat saya terbangun dari lelapnya tidur hingga saya tersadarkan bahwa saya saat ini belum menjadi apa-apa dan bukan siapa-siapa.

Harapan saya empat tahun ini tentu saja saya lulus tepat waktu dan dengan menyandang predikat “Cumlaude”. Dan tentu saja membuat orangtua saya tersenyum bangga hingga mereka merasa perjuangan mereka selama ini tidaklah sia-sia. Hingga pada akhirnya nanti saya akan menjadi seorang geologist/geodet yang handal di bidangnya. Dan tentu saja menjadi orang yang sukses. Amin.. J

Saya sangat mengetahui untuk menggapai semua itu tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Dibutuhkan perjuangan dan kerja keras. Untuk itu saya akan berusaha semampu saya dan semaksimal mungkin untuk membuat semua itu menjadi kenyataan.

Akan ada banyak rintangan yang melintang di hadapan saya. Karena saya mengibaratkan hidup ini seperti sebuah jalan yang tidak selamanya lurus. Suatu saat saya pasti akan mememukan tikungan, tanjakan, turunan, jalan terjal dan berbatu serta masih banyak lagi. Itu semua merupakan tantangan tersendiri bagi saya untuk berusaha lebih keras. Dan itu semua kembali lagi kepada motivasi. Karena dengan suntikan motivasi saya bisa bertahan di dalam menjalani proses hidup yang banyak tikungan dan jurang kegagalan. Tapi saya tidak akan menyerah karena hidup memberikan apa yang saya inginkan, apapun itu jika saya percaya dan berusaha.

Dengan motivasi yang kuat, insya Allah akan ada apresiasi dan penghargaan yang tinggi terhadap diri dan hidup ini sehingga tidak ada keraguan dalam mencapai impian dan cita-cita.

 

Comment Like Oxygen ^.^

