[Tulisanku] Pentingnya Tepat Waktu

Waktu dalam kehidupan sehari – hari sangatlah penting karena waktu tidak dapat di ulang kembali atau di putar kembali. Seperti definisinya menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) bahwa waktu adalah seluruh rangkaian saat ketika proses, perbuatan atau keadaan berada atau berlangsung. Dalam kehidupan sehari-hari, semua aktivitas yang kita lakukan pasti selalu berhubungan dengan waktu.

Dalam hal ini, saya akan lebih menekankan kepada ketepatan waktu yang berhubungan dengan aktivitas sehari-hari. Setiap kita melakukan aktivitas sehari-hari, ketepatan waktu menjadi salah satu yang mencerminkan tingkat kedisplinan seseorang. Maksudnya, semakin seseorang sering terlambat, bisa ditebak bahwa orang tersebut kurang disiplin. Lalu,  apa itu tepat waktu? Mengapa kita harus tepat waktu?

Tepat waktu itu sendiri adalah mengerjakan apa yang harus kita kerjakan tepat pada waktunya. Tentu saja dengan tepat waktu kita bisa mendapatkan keuntungan tersendiri. Ada beberapa alasan mengapa tepat waktu itu penting. Pertama, dalam suatu perjanjian tepat waktu bisa sebagai cara untuk menghormati janji yang telah kita buat dengan orang lain. Dengan datang terlambat, secara tidak langsung seperti melanggar janji yang juga bisa berpotensi merugikan orang lain.

Alasan kedua adalah tepat waktu seringkali juga terkait dengan menghormati suatu otoritas. Misalnya sekolah, atau instansi tempat kita bekerja, adalah otoritas yang mau tidak mau harus diikuti dan dihormati siapapun yang ingin menjadi bagian darinya. Ketiga, terkait dengan sebuah undangan yang memiliki batasan waktu. Datang tepat waktu merupakan salah satu cerminan penghargaan untuk si pengundang.

Kita tidak ketinggalan atau kehilangan informasi. Selain itu, budaya tepat waktu juga merupakan cerminan bahwa kita menghargai orang lain yang ada di sekitar kita.

Untuk tepat waktu memang tidak selalu mudah. Beberapa rintangan yang bisa jadi harus kita atasi adalah jarak perjalanan yang jauh, lalu lintas yang padat, dan jadwal yang sibuk. Namun, tepat waktu itu penting. Misalnya di tempat kerja, orang yang tepat waktu biasanya dianggap dapat diandalkan dan rajin. Sebaliknya, orang yang datang terlambat dapat memengaruhi pekerjaan orang lain dan mutu produk serta layanan. Jika seorang siswa sering terlambat ia bisa ketinggalan pelajaran dan sulit berprestasi. Datang terlambat untuk memenuhi janji dengan dokter bisa memengaruhi perawatan yang didapatkan.

Efek dari tidak tepat waktu bukan hanya dirasakan oleh yang melakukannya, orang lain yang tepat waktu sekalipun bisa terkena imbasnya pula. Lebih dari itu, tidak tepat waktu juga bisa mengacaukan semua jadwal agenda penting yang telah dibuat.

Tidak tepat waktu sungguh berbahaya, ini bisa merusak moral bangsa Indonesia. Memang, tidak tepat waktu sulit sekali dipisahkan dari kebiasaan buruk sebagian besar orang. Namun beberapa dari mereka malah menganggap tidak tepat waktu sebagai hal yang biasa saja. Bahkan tidak tepat waktu sudah dianggap sebagai budayanya orang Indonesia. Bukankah baik buruknya suatu bangsa dilihat dari kebiasaan masyarakatnya? Mengapa kebiasaan buruk yang dijadikan sebagai budaya? Seharusnya kebiasaan baiklah yang dijadikan sebagai budaya. Mungkin hal ini juga yang membuat bangsa Indonesia tidak maju-maju. Tetap saja menjadi negara berkembang. Bagaimana negara ini mau maju, jika masyarakatnya saja tidak bisa menghargai waktu. Oleh karena itu, biasakanlah datang tepat waktu. Hargai semua waktu yang kita miliki. Karena waktu tidak akan pernah menunggu, jika sudah lewat, dia akan berlalu begitu saja, tanpa kita bisa menghentikan atau menawarnya dengan berbagai macam imbalan.

One thought on “[Tulisanku] Pentingnya Tepat Waktu

  1. Apakah Anda ingin mencari JAM untuk MASJID anda? Spek :
    1. JADWAL ABADI
    2. “BEEP” TIAP MASUK WAKTU SHOLAT
    3. ADA JEDA IQOMAH
    4. ADA RUNNING TEXT
    Di sini Kami menyediakannya.
    Silakan kunjungi website kami di :

    http://www.tauqolyabadi.com/

Comment Like Oxygen ^.^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s