[Tulisanku] Cintailah Tanah Air

poster 71

Dulu, tanah air kita memiliki banyak keindahan alam yang merupakan potensi yang besar untuk dijadikan peluang agar bangsa ini menjadi lebih baik. Bisa maju dan tidak hanya menjadi negara berkembang. Tapi apa yang terjadi saat ini? Keindahan alam Indonesia itu dengan tanpa dosanya di babat habis begitu saja oleh manusia-manusia yang entah di mana hati nuraninya. Contohnya saja hutan. Hutan-hutan di tanah air ini mulai di babat habis-habisan. Para pelaku penebangan liar itu hanya memikirkan ego nya saja. Hanya mementingkan keuntungan mereka tanpa pernah berpikir akibat dari apa yang telah mereka lakukan bagi alam. Karena mereka, banya satwa yang kehilangan tempat tinggalnya. Mungkin ini hanya sekilas ulasan saya mengenai alam Indonesia. Sekarang, tanamkan dalam diri kita masing-masing. Akan kita buat seperti apa Indonesia nanti. Semakin maju atau malah semakin terpuruk?

33 thoughts on “[Tulisanku] Cintailah Tanah Air

  1. Maka dari itu, sudah seharusnya kita sebagai generasi muda turun tangan untuk menjaga dan melestarikan potensi yang ada di Indonesia khususnya hutan. Bukankah potensi-potensi itu kelak akan jadi milik kita juga ? belum terlambat untuk memulai, mulailah dari hal-hal kecil. contohnya mendukung program2 yang diadakan oleh lembaga2 pencinta lingkungan seperti menanam seribu puhon dll.
    Kalau bukan kita yang membenahi, siapa lagi ?

  2. Benar sekali dan bukan hanya satwa saja yang kita pikirkan. Mengingat fungsi hutan yang begitu luas dalam menopang kehidupan manusia seperti dalam mengatur keseimbangan air, mencegah banjir, mengndalikan erosi dan memelihara kesuburan tanah. Kekacauan yang ada sekarang jangan lagi ditambah. Undang undang tentang hutan lindung pun sudah ada. Harus ada kerjasama yang baik dari berbagai pihak baik itu masyarakat maupun pemerintah dalam menegakkan hukum yang sudah ada. untuk kedepan nya, kita lah sebagai generasi penerus yang menjaga hutan. Jika memang harus menebang pohon untuk kebutuhan manusia, Setidaknya si penebang harus menanam bibit tanaman baru untuk setiap pohon yang ditebang. Kita bisa meniru atas apa yang dilakukan suku kajang di Makasar, sulawesi selatan..🙂

  3. Such an important message! Nature is so beautiful and it supports all life. Let’s rebuild our damaged environment together and make this world liveable for all, including the precious orangutans🙂

  4. Sudah seharusnya kita sebagai generasi penerus bangsa untuk menjaga warisan alam yang dianugerahkan Tuhan kepada bangsa ini. Dengan berbagai cara kita bisa menjaga kelestarian alam, misalnya tidak menebang pohon sesuka hati, membuang sampah sembarangan, dsb. Pada akhirnya apabila kita menjaga alam Indonesia ini, kita akan merasakan kenyamanannya setiap saat. Bukan saja untuk diri kita sendiri, namun untuk generasi penerus berikutnya. Keep calm and save your nature🙂

  5. Sebagai Mahasiswa selayaknya tidak hanya peduli sebatas kajian, tinjauan, ataupun bahasan saja. Semoga kajian2 tersebut bisa terrealisasi dalam sebuah aksi konkret.
    untuk Bangsa kita, #UntukIndonesia

  6. indonesia sebagai salah satu negara penyumbang oksigen terbesar didunia harus di jaga kelestarian hutannya, bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah sebagai pemegang kendali, tapi kita sebagai generasi penerus bangsalah yang harusnya wajib peduli dan menjaga kelestarian alam indonesia, jangan sampai dimasa yang akan datang julukan negara indonesia sebagai “paru-paru dunia” hilang karena kelalaian segelintir orang yang tidak bertanggung jawab.

  7. Bener banget, zaman sekarang banyak oknum-oknum pemerintah yang memanfaatkan kelimpahan sumber daya alam Indonesia ini untuk keuntungannya sendiri. Dengan segala cara, salah satunya yaitu penebangan liar yang telah disebutkan dalam artikel ini. Kedepannya agar Indonesia menjadi lebih baik, perbaiki dahulu sumber daya manusianya, dengan menanamkan jiwa pemimpin yang jujur, bijak, dan adil pada seluruh bagian pemerintahannya. Karena baik atau tidaknya suatu negara tergantung pada baik atau tidak suatu kepemimpinan didalamnya🙂

  8. potensi indonesia yang luar biasa itu harus dikembangkan,bukan hanya wacana saja tapi perlu realisasi.Yang perlu dilakukan sekarang bagaimana mencari metode yang sesuai untuk mengurangi kerusakan yang telah terjadi dan mengembangkannya.Dan itu adalah tugas kita sebagai seseorang yang dipercaya menyandang gelar mahasiswa yaitu putra – putri terbaik bangsa ini.

  9. memang sih merusak alam, tapi kita memang butuh…………….😦

  10. bener banget tuh, seiring dengan perkembangan zaman manusiakan seakan diatur oleh uang. seringkali mereka melakulkan hal yang tidak bertanggungjwab seperti penebangan liar ini.
    seharusnya penebang liar ini sadar bahwa hasil yang mereka dapatkan sekarang tidak akan sebanding dengan dampat yang ditimbulkan nantinya :)))
    nah kita lah sebagai masyarakat sipil yang terpelajar harus melakukan berbagai cara untuk menyelamatkan bumi ini :))

  11. Memang rasanya negara kita ini bukan lagi jamrud khatulistiwa karena SDA telah terkuras habis. Melainkan negara yg hobi meminjam hutang. Hutang negara sudah tinggi sekali mau ditutupi oleh apa jika kekayaan alamnya pun sudah habis. Mental orang jaman sekarang sudah bobrok, mementingkan ego dan keserakahan. Tidak memikirkan dampak kedepannya. Sekarang kehidupan satwa terancam nantipun kehidupan manusianya lah yang terancam karena hutan juga merupakan sumber utama bagi manusia. Untuk cadangan air tanah dan hutan pun sebagai paru paru dunia. Jika dibabat habis paru paru dunianya manusia mau bernafas pakai apa lagi. Sumber penghasil oksigen tidak ada. Bernafas pakai utang negara???

  12. setuju bgt ama comment yang nomor 1 .. kalo bukan kita siapa lagi ..
    tapi permasalahan terbesar skrng itu banyak jiwa” muda skrng sudah di tanam dg rasa cuek akan alam .. semoga kedepannya jiwa” muda ini dpt menjaga alam atau lebih membuat alam yang hijau hidup kembali . karna disitu lah investasi sumber kehidupan kita

  13. bener, kadang tapi sering orang – orang liat keuntungan untuk jangka pendek aja, yang jauh terlupakan, setidaknya kita sebagai generasi muda harus bisa menyeimbangkan kembali keselarasan di bumi ini ya dengan cara melestariikan lingkungan kita😀

  14. hutan memang sangat penting bagi kehidupan manusia, tapi selama kita masih menggunakan kertas, selama itulah menebang pohon di hutan hutan tidak bisa dihentikan. jadi menurut pemikiran saya yang masih dungu ini, mari kita mulai menghemat penggunaan kertas, jangan pernah menyia nyiakan secarik kertaspun, karena semakin banyak kita membuang buang kertas, berarti semakin banyak pohon pohon yang harus ditebang.

  15. Kartunya menarik, kata – katanya terlalu puitis jadi terkadang ada yang salah ketik dan tanda bacanya banyak yang buat bingung. Sedikit berantakan jadinya kalau lagi baca. Hm, kalau isinya sendiri, memang kan sumber daya alam harus dimaksimalkan supaya kebutuhan terpenuhi. Hanya saja keegoisan penduduknya lebih besar daripada kesadarannya. Kalau dilihat – lihat, memang birokrasi aja yang buat masyarakat harus bertahan hidup sendiri,jadinya yah begitu.

    Kata – kata persuasifnya kurang. Kalau tujuannya mau ngajak orang – orang buat menjaga alam, pasti ada cara yang lebih baik. Pernah baca surat dari masa depan (70 tahun)? Keren habis.

    Yah, semoga hidup kita lebih baik🙂

  16. tidak perlu terlalu jauh, kejengahan melihat sumber daya dibuang percuma terjadi sangat dekat dengan kita. misalnya, pemakaian kertas secara berlebihan, tidak efisien, yang terjadi sangat sering terutama dilingkungan pendidikan. seperti yang sudah kita tahu, bahan baku utama pembuatan kertas adalah bubur yg terbuat dari kayu. kayu diambil dengan cara menebang pohon. meskipun kertas menjadi salah satu sarana wajib bagi dunia pendidikan kita, tapi terkadang manusia lupa memakainya dengan bijaksana. memfotokopi buku2 tebal tanpa membacanya adalah salah satu yg menurut saya paling memilukan. pelajar/mahasiswa sering kali memfotokopi dengan jumlah lembaran yg lebih dari puluhan, namun pada akhirnya tidak dipakai. atau dosen yg meminta banyak print out kemudian mengembalikannya dan meminta print out terbaru lagi. menurut saya, masih banyak cara lain selain melakukan hal2 diatas. karena setelah kita amati, kegiatan diatas lebih merugikan daripada menguntungkan. jadi, berpikirlah dengan cerdas sebelum menggunakan kertas, karena kertas dibuat dari pondasi paru-paru dunia.

  17. yup betul banget…
    masih banyak banget dari kita, warga idnonesia sendiri yang kurang peduli thd lingkungan dan malah memandang pisimis potensi negara kita..
    banyaknya ilegal logging serta perusakan hutan menyebabkan masalah yang menghndurkan manusia sendiri…
    jika setiap individu peduli lingkungan mengerti akna pentingnya lingkungan untuk kehidupan di masa depan insyaallah hidup ini jauh dari masalah dan malapetaka..
    dan semuanya dimulai dari cinta indonesia…

  18. Iya, udah banyak yang nggak peduli sama lingkungan. Harusnya tiap-tiap individu mulai sadar dan memulai dari hal-hal yang bisa dilakukan. Nggak buang sampah sembarangan misalnya.

  19. Kita sebagai generasi muda harus lebih tahu dan sadar akan pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan.

  20. Tanggapan untuk poster:
    Menarik, walaupun kalimatnya kurang mengundang untuk dibaca karena seakan-akan kalimatnya tidak untuk dibaca secara serius (bingung mau dibilang gimana lagi)
    oh!… kaya kata comment di atas (Agus Hadi Suparsa), terlalu puitis.

    Tanggapan untuk isinya:
    Memang banyak orang2 yang melakukan penebangan hutan tanpa memerdulikan penghuni nya dan alam di sekitar nya, tapi, jangan sepihak menyalahkan orang2 tersebut.
    Secara tidak langsung dan tidak sadar, sebagian besar dari kita menginginkan nya untuk terjadi, karena kebutuhan2/keinginan2 kita akan sesuatu yang mungkin saja berhubungan atau terlihat tidak berhubungan sama sekali dengan penebangan hutan
    contoh yang berhubungan, seperti yang sudah dikatakan di comment2 sebelumnya, penggunaan kertas
    contoh yang terlihat tidak berhubungan, ingin nya ada suatu bangunan (tidak harus mall) yang memang merupakan kebutuhan dari masing2 manusia, apakah itu tempat tinggal ataupun tempat kerja, tempat pendidikan, dan lain-lain.
    bangunan-bangunan tersebut memang bisa dibangun tanpa harus menebang hutan, tetapi yang membutuhkan bangunan-bangunan tersebut tidak hanya satu atau dua orang, sehingga area yang dibutuhkan untuk bangunan-bangunan tersebut semakin luas dan memakan area hutan-hutan yang ada.

    sekian tanggapan saya, maaf jika ada salah kata, silahkan jika kata2 saya ingin di kritik atau komentari, tapi saya tidak menerima flaming…

  21. semua itu balik lagi sama Pribadi masing masing. perlu sesuatu yang bisa membuat orang orang sadar, apa sih gunanya hutan? gunanya pohon? karena manusia hidup juga ngga bisa sendiri kan? dan hutan berperan besar buat kelangsungan hidup manusia. ngga seharusnya manusia cuma mengambil yang mereka butuhkan, tanpa mengganti kerusakan yang udah dibuat. memang, mungkin mereka melakukan hal itu karena dipaksa keadaan. disini peran penting pemerintah adalah bagaimana supaya rakyatnya bisa tetap bisa menghidupi kebutuhan hidupnya, tanpa merusak ekosistem yang ada. karena jika salah satu ekosistem itu rusak, pasti akan berpengaruh terhadap keseimbangan ekosistem yang lain. pemerintah bisa memberikan solusi yang baik untuk semua pihak, bagaimana caranya supaya rakyatnya tetap bisa hidup makmur, tanpa mengganggu hewan, pohon, ataupun yang lainnya. sehingga keutuhan sumber daya alam nya tetap terjaga.misal dengan melakukan sistem tebang pilih tanam. selain itu, harus ada sanksi yang tegas, lah, dari pemerintah, buat yang melanggar. harus diselesaikan dengan tuntas. biar baik buat semuanya. dibantu sama warga daerah sekitar yang bantu mengawasi.
    terus, selain hanya bisa memberi saran, seharusnya kita juga ikutan partisipasi buat ngedukung itu semua. sadar diri dan menyadarkan orang lain gimana arti penting hutan. ikut menjaga itu semua. ikut menanam pohon pohon, misalnya. atau dengan menggunakan barang yang berasal dari hutan dengan seperlunya saja. supaya hewan hewan penghuni hutan bisa hidup dengan tenang di habitatnya, dan kita juga pasti bisa hidup lebih nyaman. ngga bakalan ada hewan yang masuk ke kampung2 buat nyari makan, ngga akan ada lagi kebakaran hutan yang parah, ketersediaan oksigen juga terjaga.🙂 SALAM LESTARI !

  22. Zaman sekarang, sudah banyak bermunculan orang-orang yang sudah tidak memiliki hati nurani. Sebagai warga Indonesia, kita sebaiknya memelihara dan menjaga apa yang ada dalam bumi pertiwi ini, bukan malah merusaknya. Kita, sebagai generasi penerus bangsa, seharusnya menyadari betapa pentingnya warisan nusantara itu. Bukan hanya dari segi keindahan alamnya saja. Dari segi budaya, kita juga harus menjaganya. Jangan sampai ada lagi budaya Indonesia yang kembali direbut oleh bangsa lain.

  23. Jagalah alam maka alam akan menjaga kita. Sangat dirugikan jika kita terus menutup mata mengenai hal ini. sudah banyak dampak negatif yang terjadi tapi tetap saja kita terus melakukannya. Apa lagi yang kita tunggu?

  24. Sesungguhnya merugi sekali bangsa Indonesia jika terus menutup mata tentang hal ini. Indonesia merupakam salah satu negara yang memiliki hutan terluas di dunia. Tapi itu dulu. Sekarang? Mungkin predikat sebagai negara dengan hutan tergundul di dunia. Sudah banyak sekali artikel yang membahas tentang masalah ini. tapi pada kenyataannya tidak ada satu tindakan nyata yang dilakukan untuk masalah ini sendiri. Baik itu dari pemerintah ataupun dari kita sebagai masyarakat.

  25. Tanah air kita,Indonesia memiliki banyak sekali sumber daya alam yang indah. Tuhan memberikan itu semua agar bisa kita manfaatkan demi kesejahteraan dan kemakmuran hidup kita. Namun semestinya kita juga melakukan timbal balik terhadap sumber daya alam tersebut,bukan hanya mengambil manfaatnya lalu diterlantarkan. Semestinya kita bisa melakukan pemeliharaan agar manfaatnya bisa tetap dirasakan untuk tahun tahun selanjutnya. Untuk kasus penebangan hutan secara ilegal,seharusnya pemerintah harus bisa bersikap lebih tegas terhadap para penebang nakal. Dan pemerintah juga harus lebih sering lagi mengadakan sosialisasi mengenai manfaat hutan dan cara memeliharanya. Kalo perlu pemerintah juga harus menyediakan bibit baru untuk menggantikan pohon yg telah ditebang. Lestarikan alam demi kesejahteraan kita semua🙂

  26. mungkin general tidak spesifik hanya hutan, secara tidak langsung manusia membutuhkan sinergi dengan lingkungan di sekitarnya karena manusia memiliki kemampuan untuk memanipulasi ekosistemnya maka tugas manusialah yang diberi akal dan kemampuan untuk menjaga, melestarikan dan mensosialisasikan keberlangsungan hidup makhluk hidup lain, kembali ke individu masing-masing untuk menyadari betapa mereka butuh dengan seluruh komponen disekitar mereka! masalah : bagaiman cara untuk mengajak minimal menyadari betapa pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan? (semoga ada solusi dari permasalahan ini)

  27. kalo orang orangnya masih “omong doang” maka indonesia akan terpuruk dan apabila orang orang indonesia masih ga bisa menghargai karya anak indonesia sendiri maka indonesia akan terpuruk. menurut saya harus ada kejadian atau musibah besar yang dapat menyatukan rakyat indonesia. kalo mau contoh sih udah banyak. seperti saat tsunami di aceh.

  28. sudah seharusnya kita sebagai generasi pengubah bangsa untuk tidak meneruskan kebiasaan lama merusak hutan-____-”
    rusaknya hutan akan mengakibatkan ketidakseimbangan alam. banyak bencana yang akan timbul nantinya jika alam tidak seimbang lagi.
    hewan hewan yang tidak memiliki tempat tinggal akan kabur ke desa sekitar. penduduk desa akan panik dan mulai memusnahkan hewan hewan hutan. mereka akan punah bukan kalau terus dibunuh? kalau sudah punah kita bisa apa teman teman?

    jadi teman teman generasi muda maupun tua, ayolah kita jaga dan lindungi hutan kita agar keseimbangan alam tetap terjaga ‘.’)b

  29. kembali kepada pribadi masing-masing, setiap orang harus tau mengenai apa yang dia lakukan apa lgi terhadap alam. karena kita hidup tergantung pada alam, kalau kita memperlakukan alam dengan tidak baik maka akan merugikan diri kita sendiri dan seharus nya semua orang tau itu. Tugas kita bagi generasi muda untuk memperbaiki nya.

  30. sebarnya permasalahan di Indonesia tu banyak, penduduk kan juga semakin banyak, sedangkan tanah tetap, kadang hutan di tebang untuk rumah penduduk, jadi permasalahan yg harus dselesaikan dsini termasuk kompleks

  31. keren ini tulisannya… sekarang sudah jarang ada yang mau membuka topik seperti ini.. harapannya semoga topik ini tidak hanya sebuah tulisan saja. tapi tumbuhkanlah juga rasa mencintai dan menghargai betapa indahnya alam Indonesia ini…

Comment Like Oxygen ^.^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s